Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Fleet Management System GPS

Menggunakan GPS Tracker adalah kunci untuk meningkatkan layanan pelanggan dalam bisnis berbasis armada. Dengan memiliki Real Time Location System (RTLS) memberi Anda data yang akurat tentang di mana armada Anda, memungkinkan Anda untuk memenuhi harapan pelanggan. Keakuratan GPS telah berkembang pesat hanya dalam beberapa tahun dan sekarang pelacakan real time bukan lagi angan-angan.

Apa itu Real Time Location System (RTLS)?

RTLS) adalah perangkat yang digunakan untuk secara otomatis memeriksa dan melacak lokasi objek tertentu, orang, atau dalam kasus bisnis berbasis armada, kendaraan. Sebelumnya, sistem pelacakan kendaraan tersebut terbatas, dan lebih pasif, cukup menyimpan data, biasanya diperoleh melalui gelombang radio. Namun sekarang, RTLS atau dikenal sebagai GPS Tracker, yang mengandalkan GPS dengan akurasi tinggi memungkinkan Anda menentukan lokasi kendaraan Anda secara tepat secara Real Time. Pelacakan biasanya menggunakan GPS langsung yang berarti Anda tahu di mana kendaraan Anda dan apa yang mereka lakukan secara instan.

Seberapa Akurat RTLS?

Kunci keakuratan RTLS adalah fungsi GPS. Jika itu bukan sistem pelacakan GPS maka keakuratannya akan dikompromikan oleh hal-hal sederhana, seperti dinding, yang mendistorsi jarak. Hal ini menjadikan pelacak non-GPS hampir tidak berguna di dunia nyata perusahaan berbasis armada. Tidak layak mempertimbangkan pelacakan kendaraan tanpa GPS.

Kenapa sekarang sedang popular di pasar untuk pelacakan kendaraan online dan GPS Tracker terutama untuk bisnis berbasis armada? karena faktanya adalah teknologi GPS sekarang sangat akurat.

Kebanyakan GPS Tracker memiliki akurasi hingga 3 meter dan radius 5 meter.

Apa yang Dapat Mempengaruhi Akurasi GPS Tracker Real Time?

GPS tracker real time dengan cepat menjadi lebih maju secara teknologi dan dengan demikian RTLS adalah pilihan bagi mereka yang mencari pelacakan melalui GPS dengan akurasi tinggi. Namun begitu ada beberapa factor yang dapat membuat akurasi GPS Tracker berkurang yaitu:

  • Di daerah pedalaman yang kurang baik signal dari provider.
  • Di Area pertambangan yang jauh dari pusat kota.
  • Di dalam Gedung/basement.

Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keakuratan GPS RTLS termasuk kualitas penerima GPS; posisi satelit GPS pada saat merekam data; dan terkadang cuaca. Meskipun demikian, akurasi GPS yang tinggi dimungkinkan meskipun ada tantangan-tantangan ini.

5 Cara GPS RTLS Dapat Meningkatkan Layanan Pelanggan
  1. Efisiensi: Dengan RTLS Anda dapat mengarahkan kendaraan terdekat ke pekerjaan baru di area mereka dengan mudah, Anda dapat mengontrol dan mengatur rute secara terpusat, dan sebagai hasilnya, pelanggan dilayani dengan cepat. Selain itu, dengan mengurangi jarak tempuh keseluruhan melalui perutean yang efektif, bisnis dapat menghemat biaya bahan bakar melalui jarak tempuh.
  2. Produktivitas: dengan beroprasi pada rute yang lebih efisien, dan mengetahui dengan tepat siapa yang akan berada di mana dan kapan, Anda dapat bekerja dengan kapasitas maksimum Anda dan mengelola kendaraan Anda dengan lebih efektif.
  3. Informasi: Dengan GPS RTLS Anda dapat memberi tahu pelanggan Anda tentang di mana pengiriman atau penyedia layanan mereka dan data yang tepat terkait pesanan mereka.
  4. Keselamatan: menjaga keselamatan karyawan Anda melalui RTLS dengan mengidentifikasi perilaku pengemudi seperti mempercepat atau mengerem yang keras dapat bermanfaat bagi bukan hanya tenaga kerja Anda tetapi juga memiliki dampak positif pada layanan pelanggan dengan memastikan bahwa pengiriman dilakukan dengan aman tanpa kecelakaan yang tidak semestinya.
  5. Visibilitas: mengintegrasikan RTLS dengan sistem pengiriman dapat sangat berguna dalam melacak pengiriman dari saat pesanan dibuat dan pada saat pengiriman. Mengetahui di mana barang-barang berada
Bagaimana Cara Melacak Kendaraan Secara Real Time?

Pelacak GPS mengumpulkan data, tetapi bagaimana Anda dapat mengaksesnya secara real time untuk memastikan Anda tahu di mana kendaraan Anda dan apa yang mereka lakukan? Teknologi yang digunakan adalah melalui system web monitoring. Ini adalah perangkat lunak yang membuat pelacak GPS benar-benar optimal. Ini adalah platform yang memungkinkan Anda mengakses data GPS secara real time.

Sistem Web Monitoring:

GPS Tracker yang terintegrasi dengan Sistem Web Monitoring/FMS akan mencakup fitur-fitur seperti:

  • Tampilan yang Dapat Dimodifikasi: memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sistem pelacakan dengan kebutuhan Anda.
  • Hak Akses Level: memungkinkan beberapa anggota staf memiliki berbagai tingkat akses dan log-in untuk mengakses data dari mana saja.
  • Pemetaan & Kemampuan Street View: memungkinkan Anda mengarahkan armada Anda secara akurat serta melacak pergerakan mereka denag peta berbasis Google Maps dan Street View.
  • Geo-Fencing: memungkinkan Anda untuk memagari area geografis tertentu untuk bekerja secara proporsional dan mempertahankan pengoperasian armada Anda secara optimal ( Batas Gerak Kendaraan ).
  • Laporan yang Dapat Disesuaikan: memungkinkan Anda memilih dan memanfaatkan data GPS tepat seperti yang Anda perlukan.
Apa Manfaat Lain yang Dapat Dilakukan Pelacak GPS?

GPS RLTS sangat penting untuk setiap bisnis berbasis armada yang ingin meningkatkan keuntungan dan mengurangi biaya sambil meningkatkan layanan pelanggan. Dengan akurasi GPS yang tinggi dan sistem pelacakan kendaraan online, Anda akan mendapat manfaat bisnis tambahan:

  • Manajemen Perilaku Driver: beberapa GPS memungkinkan Anda mengolah data tentang perilaku pengemudi seperti ngebut, pengereman kasar, dan menikung, atau penggunaan kendaraan tanpa izin.
  • Keamanan: GPS Tracker memungkinkan Anda untuk mengetahui di mana kendaraan berada, kapan, serta, dalam beberapa kasus, aktivasi alarm dan imobilisasi. Ini membantu melindungi armada Anda dari pencurian dan penggunaan yang tidak sah. Jika terjadi pencurian, Anda dapat melacak kendaraan Anda untuk membantu menemukannya.
  • Penjadwalan Maintenance: Anda dapat menjadwalkan pemeliharaan dan perbaikan rutin dengan cara yang lebih mudah karena GPS menghasilkan data odometer, jadi Anda dapat mengetahui kapan kendaraan harus ganti oli dan lain berdasarkan odometer yang telah ditempuh.
  • Minimalkan Biaya Bahan Bakar: dengan menggunakan sistem pelacakan RTLS Anda dapat meminimalkan biaya bahan bakar dengan memastikan kendaraan mengambil rute terpendek dan paling ekonomis untuk kondisi mengemudi.
  • Biaya Operasional lebih rendah: melalui pengoptimalan rute Anda mengurangi biaya bahan bakar, biaya pemeliharaan, dan biaya lembur. Oleh karena itu biaya operasi keseluruhan Anda menjadi lebih rendah.
Leave A Comment