Cara Menentukan Tekanan Angin Yang Ideal Pada Kendaraan

 

Roda adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah kendaraan, baik mobil maupun motor. Roda memegang peranan penting dalam pergerakan sebuah kendaraan, maka dari itu sudah sepatutnya roda mendapatkan perhatian dan perawatan khusus.

Perwatan yang paling sederhana yang bisa kita lakukan terhadap roda kendaraan salah satunya adalah rajin memerikasa tekanan angin pada ban dimasing-masing roda. Karena tekanan angin pada ban sangat berpengaruh terhadap kestabilan, kenyamanan dan keamanan kendaraan.

Banyak anggapan bahwa meledaknya ban kendaraan dikarenakan tekanan angin pada ban yang terlalu tinggi, itu benar namun bukan berarti ban yang tekanan anginnya kurang atau kempes tidak dapat meledak.

Kurangnya tekanan angin pada ban juga bisa membuat ban meledak bila kendaraan dibawa dalam kecepatan tinggi, karena gesekan yang terjadi pada ban dan aspal lebih tinggi bila ban kempes, hal itu mengakibatkan panas yang berlebih sehingga ban menjadi mudah robek dan akhirnya meledak.

Selain bahaya meledak, kempes nya ban juga mengakibatkan ketidak stabilan pada kendaraan yang kita kemudikan serta konsumsi BBM juga menjadi boros karena mesin bekerja lebih berat disebabkan putaran roda yang terhambat.

Tidak heran bila angka kecelakaan terbesar dijalan tol disumbang dari pecahnya ban kendaraan
Lalu bagaimanakah cara menentukan tekanan angin yang ideal untuk kendaraan kita?

Berikut adalah tekanan angin yang ideal untuk mobil kelas MPV dan City Car seperti Avanza/Xenia, Innova, Brio, Mobilio, Ayla dll:

 

Tekanan ban yang kita tentukan haruslah berdasarkan dengan kebutuhan, misal bila mobil mengangkut dengan muatan minim atau hanya pengemudi dan 1 penumpang, kita bisa atur tekanan angin pada 28-30 PSI, namun bila membawa muatan yang full kita bisa atur tekanan angin pada 31-33 PSI.

Itu adalah tekanan yang paling umum digunakan untuk mobil jenis MPV dan Citycar, namun untuk jenis mobil yang lain bila ragu sebetulnya Anda bisa lihat persentase tekanan angin di stiker yang biasanya terdapat pada pilar pintu pengemudi atau di bagian swing arm pada motor.

 

Keamanan adalah faktor yang sangat penting dan tidak boleh kita abaikan karena efeknya menyangkut dengan keselamatan dan nyawa, maka dari itu hendaklah kita rajin dalam memeriksa kondisi kendaraan sebelum kita gunakan agar tetap aman saat dikendarai.

Leave A Comment